Dua Hari untuk Selamanya (Hari 1)

on Sabtu, 22 Agustus 2009

Hehehe..., ini bukan judul film tiruan lohh. Ini benar2 pengalaman gw yang mungkin bakal jadi unforgettable tahun ini. Hmm...kalau ada yg keberatan dengan judulnya yg agak2 berbau meniru, mari kita ganti dengan versi favorit gw. Zwei Tage fur immer.

Semua berawal dari kegagalan gw dalam tes beasiswa summer course ke Jerman. Jujur, waktu itu gw kaget banget pas lihat papan pengumuman dan di situ nggak ada nama gw. Padahal gw sudah siapin semua-semuanya bahkan gw sudah belajar Jerman selama setahun khusus buat beasiswa itu. Terus kalian tau juga kan betapa gilanya gw sama Jerman. Memang sih, gw
enggak les karena les yang bagus ada di Goethe dan itu mahalnya nggak ketolongan buat orang dengan kondisi ekonomi seperti gw ini. Akhirnya gw pasrah saja dan berusaha menerima kenyataan. Gw sih tetap suka sama pelajaran Bahasa Jerman, tapi kejadian itu sempat bikin gw stress bawah sadar (alias stress tapi gw sendiri enggak tau kalau gw sebenarnya stress). Efeknya gw jadi gampang sakit dan badan gw tau-tau gatal semua padahal nggak ada apa-apa.

Singkat cerita, akhirnya gw memutuskan buat enggak peduli dan fokus sama kegiatan gw yang lain. Berhubung sekolah mau ngadain open house nggak lama lagi dan semua ekskul sibuk, gw memutuskan buat ngisi liburan dengan aktif di ekskul gw. Tahun sebelumnya gw udah sibuk bantu2 di bahasa Perancis, terus waktu pensi udah bantu di Fashion Design, jadi sekarang gw mutusin buat bantu di ekskul yang ringan2 aja kayak UCV. Jadi kerjaan gw waktu liburan tuh cuma datang ke CC buat bikin suvenir dan latihan nyanyi buat OH. Di sanalah gw berkenalan (sebenarnya udah kenal lama sih tapi gw sama sekali enggak pernah dekat, bahkan ngobrol!) dengan beberapa anak yang akhirnya jadi teman2 baru gw sekarang. Awalnya sih karena ternyata kita nyadar kalau minat kita sama. Kita sama2 suka sejarah (khususnya Jerman) dan dengerin lagu2 jadul. Akhirnya malah berlanjut ke chatting tiap malam dan rencana jalan2 yang heboh banget.

Rencana
kita waktu itu mau menjelajah museum2 di Jakarta, tapi karena rumah gw jauh dan kebanyakan dari kita masih punya kesibukan lain, jadi kita pilih satu museum aja. Kita pilih ke Satria Mandala karena kebetulan temen gw udah sering banget ke sana (ngakunya sih sampai yg jaga museum kenal) dan kebetulan gw belum pernah ke sana. Selain itu isinya berhubungan sama hal yang kita suka, banyak tempat foto bagus, dan deket ke mana2. Pas itu gw gak tau kalo perjalanan yg gw lakukan itu bakal mengubah hidup gw selamanya...

Pas hari H, gw dateng paling cepat (jam setengah sepuluh) padahal kita janji ketemuan jam sepuluh lima belas. Kita mau ketemuan di depan Ratu Plaza karena kebetulan kita sama2 naik bis yang jalurnya lewat Ratu Plaza. Malam sebelum itu temen gw bilang (atau gw yang salah tangkep :P) kalo dari Ratu Plaza ke Satria Mandala tuh jalan kaki 10 menit. Gw sih iya iya aja, kan gw gak pernah ke sana sebelumnya. Intinya pas hari H, temen gw ngaret banget. Yaa..gw sih gak begitu masalah buat nungguin, secara daerah selatan kan banyak "pemandangan" suka lewat (baca : bule a.k.a foreigner). Yang jadi masalah adalah halte penuh dan gw terpaksa berdiri.

Akhirnya setelah gw nunggu sekitar 25 menit, temen gw datang. Dia ngakunya sih baru jalan dari rumah jam 10, mati banget dahh. Terang aja telat. Gw milih buat gak ngebahas masalah telat2 (karena gw juga suka telat, tunggu di bagian dua nanti) dan langsung jalan. Dan apa yg gw temukan?? Gw terkaget2 waktu tau jarak sebenarnya. Ratu Plaza ke Satria Mandala itu 30 menit jalan kaki!!!! Nah, mulai dari sini semuanya gara2 gw. Temen gw udah nawarin buat naik bis tapi gw tolak dengan alasan hemat dan gw pengen uji kemampuan. Ditambah lagi gw bilang kalo jalan sambil ngobrol tuh gak bakal berasa. Jujur, gw emang agak sok pas waktu itu karena gw gak mau dianggap cewe lemah yg gak bisa jalan jauh. Sebenarnya hari itu matahari panas banget dan pas gw jalan udh masuk
Mittag alias tengah hari. Tapi gw tahan2, lagian gw tau gw gak bawa topi. Akhirnya gw baru sadar kalau gw GAK BAWA MINUM sama sekali !!!! O my God...gw bener2 siaaaalll... T.T. Penderitaan gak sampai di situ karena ternyata gw baru sadar kalo gw pake FLAT SHOES !! big no no buat sebuah petualangan alay macam gw gitu. Gara2 itu, begitu sampai di museum, kegiatan pertama yang gw lakukan adalah beli minum.

Bagian favorit gw mulai dari sini. Gara2 gw jalan sama temen gw yang udah kayak anak museum itu, gw jadi berani macem2. Biasanya kalo ke museum pasti gw cuma liatin barang2, baca keterangan, foto2, pindah ruangan, lihat barang2 lagi dan seterusnya. Tapi ini beda. Gw berani pegang2 barang, mainan barang, naik2 ke atasnya, bahkan hampir tergoda buat mainin pengatur volume suara dan saklar lampu dan naroh kacamata hitam di patung Jenderal Sudirman trus diajak foto bareng. Pokoknya hampir gak ada beda deh sama beberapa anak SD yang juga lagi berkunjung ke situ. Oke, mungkin itu hal negatifnya. Hal positifnya, gw punya guide pribadi, gratis pula. Temen gw yang emang pecinta sejarah dan nasionalis to the max dengan sukarela dan senang hati bercerita smua hal yang dia tau tentang sejarah Indonesia pas zaman2 perjuangan mempertahankan kemerdekaan (materi Sejarah yg bakal ulangan hari Rabu minggu depan). Tapi gw gak bosen soalnya dia cerita hal2 yang gw gak pernah tau sebelumnya. Hal2 yang mulai bikin gw mikir kalo negara gw yang satu ini keren juga (biasanya gw selalu memuja2 Deutschland).

Gak sampai situ doang loh, temen gw juga menyuguhkan acara lawak. Pas di ruang diorama dengan miniatur2 macam action figure jadul yang udah diatus sesuai peristiwa masing2, temen gw mulai mengarang cerita dan dialog2nya itu diada2in biar rada2 *niiiit...* (sensor). Masak ada scene pahlawan2 lagi nyerang markas Belanda diubah sama temen gw jadi bapak2 rebutan kamar hotel. Mati banget dahh... Trus pas di ruang senjata, gw diajarin cara make macem2 alat di situ (ya enggak beneran sih) tp barang pajangan sampe diambil2 trus dibawa2 buat foto2. Trus gara2 temen gw itu, gw jadi berani naik2 ke panser, tank, pesawat, dan lain2 yang dipajang buat foto2. Ah, pokoknya gila deh. Sayangnya foto2nya ada di temen gw dan belom diupload via facebook karena alasan "keamanan" heheheheh....

Singkat cerita tur kita selesai di museum dan langsung lanjut ke Plaza Blok M buat makan siang (mati bgt, gw laper abis gara2 blom makan dari pagi). Nah, kenapa Plaza Blok M, bukan Plangi, PS, Senci atau PP yg deket? Karena kita sama2 enggak suka ke mall2 mewah yg smua2nya mahal. Terus nyokapnya temen gw ada yg kuliah di Atma dan suka jalan2 ke Plangi. Berhubung kita males kalo ketemu nyokap2 pas lagi jalan (males aja diresehin dan dikepoin), jadi kita milih tempat yang lumayan jauh sekalian. Ternyata di Plaza Blok M pun kita masih bikin heboh. Kita makan di Pizza Hut sambil buka laptop (kebetulan temen gw bawa laptop), nyetel lagu2 jadul nyaingin lagu alay yg diputer, main game perang sama The Sims, ketawa2 heboh, dan lain2 yang bikin kita diliatin orang. Pas pizzanya datang, temen gw lagi2 ngasih atraksi table mannernya yg gak ada matinya. Dia makan pizza pake pisau sama garpu dalam waktu dua puluh menit untuk 5 slice pizza dan sama sekali enggak bikin bunyi apapun. Benar2 kayak didikan bangsawan Inggris. Sementara gw? gw? menghabiskan hanya 3 slice pizza dalam waktu lebih dari 30 menit dan pake tangan! One word: kebanting!

Selesai makan, kita pulang. Temen gw nganterin gw sampai Ratu Plaza lagi. Ternyata bus kita datangnya bareng2 dan kita pulang. Perjalanan hari satu selesai di sini...
It's really short but unforgettable..., especially for me who usually quiet and seem to be well-mannered...:))