Hobbies....(meine Freizeitbeschäftigungen)

on Minggu, 09 Agustus 2009

Meine Freizeitbeschäftigungen...alias hal2 yg gw kerjakan di waktu senggang (maaf nih sok Jerman, alasannya udah gw kasih tau kan ?). Oke, sebenarnya ini tema yang paling gw suka. Gw paling suka ngomongin hal2 yg gw suka lakukan di waktu senggang (walaupun karena sekolahnya, gw hampir gak punya waktu senggang). Beruntunglah gw di jurusan bahasa, karena masih sempat nyolong2 waktu buat melakukan hobi2 yg sekalinya udah asik susah disuruh berhenti.

Hobi gw yang paling hobi adalah menulis cerita. Kalo udah asik nulis susah buat disuruh berhenti. Gw udah jabanin hobi ini sejak kelas 5 SD. Awalnya gara2 gw sebangku sama temen gw yang suka nulis cerita fantasi. Terus gw baca dan gw tertarik. Akhirnya gw coba juga tuh nulis cerita fantasi. Gw inget banget, cerita pertama gw sepanjang 4 halaman yg dibuat dari kertas HVS A4 dilipet dua. Maklum, enggak modal. Hobi ini enggak ringan loh teman2. Gw pernah ngalamin berbagai ejekan dan hinaan gara2 gw suka nulis yang aneh2 trus gw ceritain ke orang2. Gw kan pengkhayal abis, jadi suka berkhayal kalo2 smua2 yg ada di cerita gw itu bisa aja bener2 ada sekalipun cerita fantasi. Dulu gw sampai dikata2in gila. Eh, tapi ternyata bener loh temen2, ada beberapa tempat yang gw sebut di cerita gw yang ternyata emang eksis di dunia kita.

Oke, intinya gw sampai sekarang masih ngejabanin tuh hobi. Tapi gw udah ganti aliran (soalnya yg fantasi itu kan judulnya awalnya ikut2an doang). Sekarang aliran gw misteri petualangan persahabatan sambil dibumbuin sejarah dan cerita2 perjalanan (apa yah nama genrenya??). Settingnya juga tempat2 yang bener2 eksis di dunia. Satu pertanyaan: kenapa gw gak terbitin? Ya itu dia, gw sama sekali gak ngubah tokohnya dari yg cerita fantasi itu. Langsung aja mereka gw pindahin ke dunia nyata, tp makhluk2 anehnya gw tinggalin. Tinggal 4 tokoh utama ditambah 4 tokoh sampingan. Karena cerita awalnya aneh banget jadi cerita gw perlu diperbaiki sebelum diterbitin dan sampai skarang gw gak tau gimana cara benerinnya.
Hobi gw yang lain tuh nulis puisi sama lagu. Puisi gw alirannya impressionisme dan kebanyakan dipengaruhi kejadian2 penting dalam sejarah, film dan cerita yg gw suka. Paling banyak sih berkaitan sama masa2 tahun 1939 - 1945. Kalau lagu gw inspirasinya juga dari apa yang gw lihat, dari cerita2 gw sendiri dan dari pemikiran2 gw. Tapi gw gak bisa main musik jadi cuma bikin nadanya doang. Percaya tidak teman2, kamar mandi adalah sumber inspirasi gw buat puisi, cerita, dan terutama lagu gw. Gw selalu dapat nada dan kata2nya di kamar mandi!

Selain bikin lagu, gw juga suka nyanyi. Aliran lagu yang biasanya gw nyanyiin tuh klasik, vokal, world music (yg bahasanya macem2 walaupun gw gak ngerti), lagu jadul yg vintage2 gitu, semi-opera, symphonic gothic sm kadang2 suka maksa nyanyi yg alternative rock. Hahaahaha...

Terus, hobi gw yang lain tuh baca. Tapi yang bikin gw beda dari cewek seumur gw kebanyakan itu karena gw suka baca non-fiksi yg hmm...berat berat gitu deh. Tapi bukan sastra juga. Buku2 koleksi gw yahh: Perang Eropa series (gw punya komplit nih), Perang Pasifik, The Diary of Anne Frank, Night (by Elie Wiesel ---- tentang kesaksian korban di kamp konsentrasi Jerman), Hana's Suitcase (cerita nyata ttg gadis kecil di kamp juga), Sheila, Jadie, 100 Keluarga paling berpengaruh dlm sejarah dunia, 100 peristiwa sejarah yg mempengaruhi dunia, hmm...maunya sih baca Mein Kampf juga, tp takut dimarahin nyokap, padahal mnurut gw tuh buku bersejarah bgt. Keanehan gw yg lain tuh mau koleksi buku2 panduan tur padahal blom akan ke luar negeri. Buat bahan cerita gw gitu deh...

Gw juga suka nonton terutama film2 perang, sejarah, sm misteri, fantasi juga kadang2. Tema favorit gw: cinta dalam perang dengan ending yang gak full happy ending ( macam Pearl Harbor, Atonement, Life is Beautiful, yahh..gitu2 deh).

Hobi gw yang akhir2 ini muncul lagi nih, jalan2. Gw gak bisa nunggu dengan sabar sampai rencana jalan2 berikutnya gara2 ketagihan jalan2. Jalan2 gw beda loh dari cewe2 seumuran gw kebanyakan. Bukan shopping, makan, main, dugem. Bukan Grand Indonesia, Senci, Gading, atau semacam2nya itu. Bukan naik mobil pribadi pake supir. Tapi tur sejarah, ngalay, naik Kopaja atau bus umum lain (seelit2nya ya Transjakarta deh), makan di warung murah meriah. Tempat2nya Kota Tua sama museum2. Gila......gw ketagihan abiss... Cobain deh teman2. Suer, jalan2 kayak gitu 1000 kali lebih seru!

0 komentar:

Posting Komentar